Kebaikan Hati Dr. Phillipe Pinel

Tuesday, September 15, 2009




Kebaikan hati dan belas kasihan menyelamatkan jiwa Dr. Pinel. Begini ceritanya.

Kejadiannya pada abad kedelapan belas di Paris. Seorang pria bernama Chevigne sedang menuju penjara, walaupun dia tidak melakukan kejahatan. Hanya beberapa minggu sebelumnya, pikirannya mengalami kerusakan; sekarang dia diejek oleh orang banyak yang menyaksikan perjalannnya yang menyedihkan. Kereta penjara melewati jendela apartemen tempat seorang dokter bernama Phillipe Pinel melihatnya. Dr. Pinel sangat kasihan melihat keputusasaan di mata Chevigne.

Bertahun-tahun kemudian, Pinel menerima rasa terimakasih yang tidak pernah padam dari para penderita sakit jiwa setelah dia menjadi pelopor dalam perawatan yang manusiawi bagi mereka yang menderita penyakit tersebut. Akhirnya, dia pergi ke rumah sakit ke tempat Chevigne dibawa. Ketika Dr.Pinel menemukan Chevigne dalam kurungan bawah tanah, dia memerintahkan agar orang itu dibebaskan.

Selama bertahun-tahun protes dari kalangan medis timbul terhadap cara perawatan baru Dr. Pinel. Pada suatu kesempatan Dr. Pinel benar-benar diserbu orang banyak. Dari tengah orang banyak keluar seorang laki-laki yang membawa Pinel ke tempat yang aman. Dokter yang merasa berterima kasih menyatakan, "Saya berhutang nyawa kepada Anda." Laki-laki itu tertawa sambil menjawab. "Dua tahun yang lalu saya dirantai dalam kurungan bawah tanah. Anda membebaskan saya. Nama saya Chevigne." Itu seperti roti yang dilemparkan ke air bukan, bukan?

Kalau Anda melakukan sesuatu bagi seseorang yang tidak seketika bisa membalas budi, itu benar-benar perbuatan kasih sayang. Kalau Anda mau melakukan apa yang Anda ketahui benar, dalam sikap penuh kasih sayang, hal-hal yang baik akan terjadi terhadap Anda!

KEBAIKAN HATI BERISI PERBUATAN MENCINTAI ORANG LAIN MELEBIHI APA YANG LAYAK DI TERIMANYA.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP